Popular Post

Posted by : industri4.0 Senin, 27 Juli 2015


APA yang digunakan untuk menulis. Jawabannya, bisa pulpen, bolpoin, atau pena. Tapi banyak orang yang seringkali salah menyebutkan atau susah membedakan antara pulpen, bolpoin, dan pena. Tahukah Anda apa bedanya pulpen dengan bolpoin?

Bolpoin adalah alat tulis yang ujungnya menggunakan bola kecil yang berputar untuk mengontrol pengeluaran tinta kental yang disimpan dalam kolom berbentuk silinder. Ujung bolpoin atau disebut juga pena ini berupa bola kecil dari kuningan, baja, atau tungsten karbida yang diameternya berbeda-beda, umumnya 0,7-1,2 mm. Besar diameter bola berpengaruh pada ketebalan tulisan. Jenis alat tulis inilah yang saat ini lebih banyak digunakan.

Sedangkan pulpen berasal dari kata vulve dalam bahasa Belanda yang artinya alat tulis, yakni berupa mata pena berujung tajam yang dilengkapi pegangan berisi kantong tinta yang bisa diisi kembali. Pertama kali pulpen atau pena berasal dari abad ke-10 M. Dalam pulpen, tinta berbasis air diisi melalui mata pena dengan mekanisme penyedot yang memasukkan tinta dari botol tinta ke dalam kamar tinta. Berbeda dengan bolpoin, pulpen tidak perlu ditekan ketika menulis. Tinta mengalir dari kamar tinta ke mata pena dengan bantuan kapilaritas dan gravitasi.

Awalnya, alat tulis yang menggunakan tinta adalah pena dan tinta yang digunakan terpisah. Pena yang digunakan pada awalnya dibuat dari bulu angsa seperti digunakan di Eropa pada Abad Pertengahan. Kelemahannya adalah penggunaan sering merepotkan pemakainya karena tintanya berceceran atau bahkan tumpah di atas kertas







Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Pengadaan alat tulis kantor dan ATK (081290000475) - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -